Administrasi Perusahaan
Outsourcing Jasa Pengamanan
By: M.Syaifullah S.Ab
Sistem administrasi dapat menentukan citra dan
kualitas dari sebuah perusahaan. Sesuai dibidang administrasi pada perusahaan
jasa pengamanan yang pernah saya jalani, dimulai dari kegiatan administrasi
seperti penyiapan sarana administrasi, pencatatan, pendataan, sampai
kegiatan pengarsipan dari kegiatan perusahaan itu sendiri. Belum lengkap
rasanya jika kegiatan operasional atau kegiatan lainnya tidak memiliki kegiatan
administrasinya,
Pengertian administrasi secara luas adalah proses
penyelenggaraan kerja yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan, administrasi baik dalam pengertian luas maupun sempit dalam
penyelenggaraannya diwujudkan melalui fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari
perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Administrasi dalam
prosesnya tentu terkait dalam kegiatan, pengaturan sampai penentuan tujuan yang
akan dicapai. Langkah yang dijalankan dalam pelaksanaan sistem administrasi
perusahaan dapat dimulai :
- Membuat struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Struktur organisasi pada perusahaan hampir sama di tiap perusahaan, yang menjadi perbedaan adalah unsur manakah yang dominan memegang fungsi pelaksanaan kegiatan perusahaan dan bertanggung jawab terhadap jalannya kegiatan. Saya tidak dapat menyebutkan identitas atau nama jabatan tertentu karena masing-masing perusahaan memiliki pilihan dari unsur nama jabatan organisasi, yang terpenting adalah kepada siapa unsur jabatan tersebut bertanggung jawab, sampai kepada unsur jabatan tertingggi pada perusahaan.
- Menempatkan seorang administrasi.yang ideal dalam masing- masing bagian. Biasanya, unsur yang dominan dalam perusahaan outsourcing jasa keamanan adalah bagian operasional, karena bagian inilah yang menjadi urat nadi perusahaan dimana lebih banyak membutuhkan SDM baik di kantor maupun dilapangan. Banyaknya ketimpangan kebijakan yang dapat mempersulit jalannya fungsi operasional sehingga berpengaruh terhadap kegiatan dan kualitas dilapangan. Meskipun kebijakan dari pimpinan menentukan adanya bagian administrasi yang mengatur kegiatan administrasi, namun sebaiknya pimpinan perlu menempatkan seorang administrasi di masing-masing bagian dari perusahaan untuk melaksanakan kegiatan administrasi.
- Membuat Format Kegiatan Administrasi Format kegiatan administrasi dibuat berdasarkan siklus kegiatan perusahaan dalam bentuk format pengisian dengan berdasarkan item seperti nomor, waktu kegiatan, jenis kegiatan, keterangan dan hasilnya dapat disimpan dalam bentuk arsip perusahaan. Contoh kegiatan ini adalah seperti Form pengisian identitas karyawan, form laporan kejadian, ijin keluar, form absensi bahkan bentuk administrasi dilapangan dilakukan oleh anggota seperti buku mutasi/jurnal.
- Sistem koordinasi antara masing-masing bagian. Sistem ini penting dibuat untuk menyelenggarakan kegiatan administrasi sesuai kebutuhan perusahaan yang dapat berpengaruh dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan. Sarana yang dapat dipergunakan misalnya dengan email, penggunaan fasilitas komputer, handphone, faximile dsb.
- Membuat kegiatan administrasi berupa pendataan. Tingkat perubahan formasi maupun mutasi anggota sangat tinggi dalam sebuah perusahaan oursoucing jasa kemanan, karena ditentukan oleh kondisi dilapangan untuk memenuhi kebutuhan operasional seperti plotingan, penambahan dan pengurangan lokasi kerja sehingga perlu dibuatkan data administrasi bisa berbentuk daftar dari suatu proses kegiatan, secara garis besar dapat di jelaskan antara lain :
Pertama, membuat data calon anggota yang
masuk dan yang diterima oleh bagian penerimaan, berguna untuk mempermudah
pencarian mengenai calon anggota baik calon anggota yang diproses lebih lanjut
maupun yang ditunda pelaksanaannya bisa berupa data nama, tanggal melamar,
alamat tinggal, nomor telpon, referensi, kriteria, dan keterangan.
Kedua, membuat data hasil dari seluruh
kegiatan pendidikan dan pelatihan calon anggota security berupa daftar siswa
yang mengikuti pendidikan dan pelatihan, rencana kegiatan, daftar hasil tes
fisik dan medis, daftar pengunduran diri, daftar nilai siswa dan laporan
kegiatan pendidikan dan pelatihan.
Ketiga, membuat daftar kebutuhan anggota
dilokasi disertai dengan catatan kriteria yang diperlukan dari masing-masing
lokasi, database, daftar surat penugasan atau penempatan, daftar anggota yang
keluar, daftar mutasi anggota, daftar penempatan anggota tiap lokasi, daftar
anggota yang dirumahkan atau belum penempatan.
Keempat, menyusun daftar kebutuhan anggota
sesuai dengan jumlah yang diterima, permohonan barang, cheklist barang,
prosedure permohonan barang, daftar pengambilan barang dan tanda terima
penyerahan barang.
Kelima, menerima daftar absensi dari
masing-masing lokasi, daftar penempatan, daftar mutasi anggota, daftar
pengambilan barang yang akan dihitung sesuai dengan ketentuan perhitungan dari
perusahaan.
Keenam, mendata dan menerima data anggota
yang aktif dilapangan untuk diberi fasilitas tunjangan seperti tunjangan hari
raya, jaminan kesehatan dan atau kecelakaan sebagai ketentuan yang harus
dilaksanakan oleh setiap perusahaan menurut peraturan yang berlaku
The JTG Casino - Biloxi, MS 39530 - Tripadvisor
BalasHapusThe JTG Casino is located at 1st Street Biloxi, Mississippi 39530 - Tripadvisor. See 242 traveler reviews, 1427 진주 출장샵 candid photos, and great deals for Biloxi, Rating: 4 · 243 reviews · Price 창원 출장마사지 range: $$ (Based on Average Nightly Rates for a Standard Room from our Partners)What are some 전라남도 출장마사지 of the property amenities 부천 출장안마 at The JTG Casino?Which room amenities are available at The JTG Casino? 전라남도 출장샵